Selasa, 04 Mei 2010

Nuance PDF Reader, dengan fitur konversi ke Word dan excel

Kita mungkin tidak asing dengan file PDF. Dua program gratis populer untuk membaca file PDF juga sudah banyak kita kenal, yaitu Adobe Acrobat Reader dan Foxit Reader. Belum lama ini, sebuah perusahaan yang lebih dikenal dalam membuat software recognition (pengenal), juga merilis software gratis untuk membaca PDF.

Tetapi jika hanya mampu membaca PDF saja, mungkin pilihan kita sudah jatuh pada Foxit Reader atau Adobe PDF Reader. Kemudian apa kelebihannya ?

Nuance, perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan software speech recognition ( mengenali suara) dan OCR Recognition ( untuk konversi dokumen text menjadi tulisan atau data tulisan ), merilis software gratis pembaca PDF, Nuance PDF Reader.

Meskipun telah banyak pembaca PDF, nuance memang memberikan beberapa nilai atau fitur lebih dibanding software lainnya. Meskipun fitur membaca PDF juga relatif sama dengan software lainnya. Beberapa fitur Nuance PDF Reader adalah sebagai berikut :

  • Mengisi dan menyimpan Form yang ada di dokumen PDF
  • Bisa memberikan tanda ( annotasi ) seperti garis bawah, highlight dan coretan lainnya di dokumen.
  • Konversi PDF ke Word (doc/docx), Excel atau RTF. Ini salah satu keunggulan Nuance PDF Reader, tetapi untuk mengkonversi PDF memerlukan koneksi internet. karena proses konversi menggunakan teknologi Cloud.
  • Dapat mematikan fitur JavaScript ketika installasi, sehingga masalah keamanan ketika membuka file PDF lebih terjamin. Karena tidak sedikit dijumpai file PDF yang menyertakan file javascript yang berbahaya.
  • Kompatibel dengan PDF standard (sampai versi 1.7), sehingga kompatibel dengan Adobe Reader.
  • Mampu membuka file XPS.

Melihat fitur-fitur diatas, keunggulan Nuance adalah kemampuannya me-non aktifkan javascript di file PDF yang dibaca dan kemampuan konversi file PDF ke word, excel atau RTF. Sayangnya fitur konversi ini memerlukan koneksi internet, sehingga bagi yang offline belum bisa memanfaatkannya.

Selain itu kekurangannya lainnya adalah Nuance tidak menampilkan dalam tab ketika halaman baru PDF seperti halnya Foxit Reader dan masih menggunakan memori (RAM) yang lebih besar dari Foxit Reader.

Nuance PDF Reader mendukung Windows XP 32-bit SP3, Vista SP1 dan Windows 7. dengan memori minimal 256 MB, serta space hardisk 50 MB.

Download dan informasi selengkapnya : Nuance PDF Reader atau jika ingin download langsung, bisa melalui situs Download.com ( 18 MB)

0 komentar:

Posting Komentar