Selasa, 06 April 2010

Kemuliaan Orang Miskin

By: agussyafii

Sewaktu saya masih kecil, baru duduk di kelas 1 SMP Bapak saya begitu sangat menghormati penjual sayur yang secara materi tidak punya, saya pernah bertanya padanya kenapa bapak sangat menghormatinya.

Bapak saya mengatakan, 'Apakah dia masih sholat?'

'Masih pak,' jawab saya.

'Pernahkah kita mendengar kabar dia mengambil milik orang lain?' tanya bapak.

'Tidak,' jawab saya.

'Pernahkah kita mendengar dia mengeluh karena kemiskinannya?' tanyanya lagi.

'Tidak pernah pak.' jawab saya.

Bapak saya kemudian menjelaskan, jika ada orang miskin yang tidak pernah meninggalkan sholatnya, tidak pernah mengambil hak orang lain dan tidak pernah mengeluh kepada orang lain karena kemiskinannya maka kita wajib menghormatinya, sebab dari merekalah kita bisa belajar tentang kecukupan dan syukur nikmat atas semua karuniaNya. Itulah kemuliaan orang miskin.

---
'Dan barangsiapa yang akhirat menjadi keinginannya, niscaya Allah kumpulkan baginya urusan dunia dan dijadikan kekayaan di dalam hatinya dan didatangkan kepadanya dunia bagaimanapun keadaannya.' (HR Ibnu Majah).

Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar